Situs "Tangan Tuhan"

Memang jodoh di tangan Tuhan, dan bukan tidak mungkin bahwa Tuhan-pun menggunakan Internet. Buktinya, cukup banyak orang yang percaya (dan nyatanya banyak pula yang berhasil tuh!) bahwa belahan jiwanya terpisah jarak-waktu dan hanya dapat ditemukan di Internet. Agak berbeda ketika Adam dan Hawa pertama kali diturunkan di bumi dan terpisah jarak-waktu, mereka baru dapat bersatu setelah menempuh separuh permukaan bumi dengan berjalan kaki. Atau tak usahlah jauh-jauh, tanyakan kepada kakek-nenek kita, bagaimana mereka harus berupaya mempertahankan hubungan romansa jarak jauh mereka, hanya dengan fasilitas sepucuk surat yang mungkin sebulan sekali baru datang. 
Kita pada jaman sekarang, sudah tidak perlu mengikuti jejak “kesengsaraan” para pendahulu, cukup dengan piawai “bermain” keyboard dan mouse, (bakal) jodoh akan langsung muncul di “tabung kaca” komputer kita. Fasilitasnya? Buaanyaaak! Bisa melalui chatting, messenger, message board dan sebagainya. Saking banyaknya, maka kadang kita agak kelewatan beranggapan bahwa Tuhan tidak lagi sekedar menyediakan seorang jodoh buat kita, tetapi menyediakan sekian banyak alternatif untuk kita pilih-pilih. Tidak salah memang, namanya juga usaha! 
Salah satu contoh fasilitas per-mak comblang-an yang paling populer di Internet adalah situs perjodohan (kalau saya lebih suka menyebutnya, ‘situs tangan Tuhan’). Contohnya situs http://www.matchmaker.com yang dimiliki oleh Lycos Group. Situs ini telah memiliki lebih dari 8 juta anggota dari seluruh dunia. Bahkan pada 2002 lalu, situs ini mendapatkan predikat “Best of the Web” dari Forbes.com. Bagaimana dengan di Indonesia, apakah ada situs lokal dengan “konten” lokal pula? 
Coba Anda kunjungi situs http://cinta.naver.co.id. Bagi Anda wanita, barangkali dari 29 ribu lebih data pria yang ada di database situs ini, ada satu diantaranya yang ternyata memang pasangan hidup Anda. Dan bagi pria, ada sekitar 6500 lebih data wanita yang terdapat di dalamnya. Untuk memudahkan Dewa Cupid mengarahkan panahnya, maka kita bisa mencari pasangan berdasarkan beberapa kriteria yang kita tentukan sendiri. Tinggi/berat badan, pendidikan dan agama merupakan contoh kriterianya. Uniknya (dan anehnya), ada satu lagi kriteria yang cukup “menggelitik”, yaitu “status” yang berisi pilihan “belum menikah” atau “menikah”. 
Mungkin maksudnya “menikah” di sini adalah “pernah menikah”. Atau mungkin pemaknaannya diserahkan kepada masing-masing individu. Bisa jadi! Yang jelas, situs yang konon merupakan situs “tangan Tuhan” yang pertama dan terbesar di Indonesia ini dilengkapi dengan fasilitas untuk mem-browse foto-foto para anggotanya. Bagi Anda yang selalu gagal dalam bercinta, tenang saja. Situs ini menyediakan beberapa tips menarik bagi pengunjungnya. 
Selain situs di atas, ada pula situs http://www.guebisa.com/jodoh. Situs yang beranggotakan lebih dari 3700 pria dan 950 wanita ini juga memiliki fasilitas standar semisal bantuan pencarian berdasarkan kriteria (dilengkapi dengan “kota” dan “hobi”) dan terdapat pula foto-foto anggotanya. Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fasilitas konsultasi online mengenai problem percintaan remaja. Ada pula beberapa tips yang menarik, semisal ‘membaca bahasa tubuh cowok’, ‘tips buat cowok biar dilirik cewek’ dan ‘tips melakukan ciuman pertama’. 
Ada sebuah situs lain yang cukup “berani”, yaitu http://www.jodoh.net. Situs ini secara terbuka menyatakan memiliki anggota yang beraliran bisex, gay dan lesbian. Jumlah anggota wanita di situs ini sebanyak 669 orang, pria 976 orang, bisex 28 orang, gay 16 orang dan lesbian 6 orang. Untuk kriteria pencariannya, selain berdasarkan “pria-wanita-bisex-gay-lesbian”, juga terdapat antara lain “ras/etnis” dan “jumlah anak”. Uniknya, di halaman depan situs ini juga tercantum informasi semisal “50 anggota yang paling banyak berjodoh” dan “50 anggota yang paling banyak dilirik”. 
Asumsinya, berarti satu anggota bisa memiliki lebih dari satu jodoh sekaligus! Luar biasa bukan? Oleh karena itu tidaklah terlalu mengherankan apabila hanya dari sekitar 1700-an anggota, menurut situs tersebut, terdapat lebih dari 14500 “perjodohan”. Foto-foto? Tersedia pula. Ada kisah menarik yang melatar-belakangi kelahiran situs ini. Konon pendirinya pernah patah hati berat, lantaran hubungannya dengan kekasihnya terhalang oleh perbedaan etnis. Setelah menghabiskan waktu sekian lama untuk menyindiri (dan menyalurkan kekecewaannya dengan bermain musik blues), dia akhirnya mencoba bangkit dan berniat menolong orang-orang yang senasib dengan dirinya. Entah karena terlalu sibuk menjadi “wakil” Tuhan, atau mungkin karena sudah suratan takdir, hingga saat ini dia masih belum menikah juga. 
Saya jadi ingat sebuah film yang saya tonton, berjudul “Birthday Girl” besutan Miramax Film pada 2002. Film yang dibintangi oleh Nicole Kidman dan Ben Chaplin tersebut berkisah bagaimana seorang pria pegawai bank yang jujur dan sederhana terpaksa melewati hari-harinya dalam masalah besar, hanya lantaran dia menjadi anggota (dan mencari jodoh) di sebuah situs “tangan Tuhan” di Internet. Ya, akhirnya memang selain harus tetap waspada dan berupaya, kita pun akhirnya harus yakin bahwa jodoh memang rahasia Tuhan (yang mungkin kisi-kisinya ada di Internet).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s