Hiren’s startup dari USB Flash Disk

Harddisk , adalah komponen ( bagian dari komputer ) yang Vital . Karena Harddisk mempunyai fungsi sebagai penyimpan data dan System Operasi.Sehingga untuk kelancaran Operasional komputer , harddisk harus sehat dan lancar…
Perlu diketahui harddisk memiliki spesifikasi tertentu , sehingga masing-masing harddisk mempunyai kecepatan dan kestabilan yang berbeda-beda.
Diantara yang mempengaruhi kecepatan harddisk dalam membaca ataupun menulis data adalah:
  1. Kecepatan motor spindel , yaitu motor yang memutar piringan seperti CD yang  disebut media.Jadi semakin cepat putaran spindel tersebut maka transfer data akan semakin cepat. Kecepatan putarannya satuannya adalah Rpm , misalnya 5300 , 7200 dll.
  2. Memory cache dari RAM yang ada di board harddisk tersebut , semakin besar cache-nya semakin cepat pula transfer datanya…
  3. Kapasitas data yang ada didalam harddisk , semakin banyak data yang ada di harddisk , maka akan semakin lambat kecepatan akses datanya.
Untuk mengatasi data yang berserakan dan tidak tertata dengan baik , di System ada yang namanya disk clean Up =”Untuk membersihkan files yang tidak berguna” dan Disk Defrag = ” Untuk menata files yang berubah karena sering terjadinya proses simpan dan hapus didalam komputer”.
Dalam bahasan kali ini , saya akan mengulas cara menghilangkan BAD SECTOR , yang terdapat di harddisk tanpa menghilangkan data yang ada… :)
Bisakah..!? maka akan saya jawab BISA !!  :D
Bad sector , bisa disebabkan karena kesalahan program / data  sehingga system meng-anggap harddisk tersebut bad ( bad program ) ada juga yang memang dikarenakan usia ( fisik ) yang biasa disebut bad Fisik.
Untuk yang bad fisik saya belum bisa memperbaiki , karena berhubungan dengan mengganti media ataupun hardware.Tapi Untuk bad program kita bisa memperbaiki pakai software.
Diantaranya :
  • Test hardisk , yang ada di hiren boot CD , Caranya : booting Hiren boot CD pilih Menu Booting from boot CD >>pilih testing tools>>testing harddisk , tunggu sampai tampilan  menu ,  pilih Auto dan klik harddisk yang mau diperbaiki.Kemudian Ada beberapa menu,jangan klik menu clear MBR , karena akan berakibat fatal pada data ataupun harddisk anda..!! , pilih saja menu Surface scan dan Scan sampai selesai.Untuk harddisk yang bad sector , pada waktu scan akan tampil B pada layar monitor. Untuk memperbaikinya , setelah selesai scan pilih View defect list , setelah tampil =tekan “R” untuk repair harddisk.Untuk harddisk yang masih bisa diperbaiki , maka akan bisa di-repaired semua defect tersebut.Untuk memastikan silakan scan Ulang .Bila harddisk sudah tidak ada yang bad lagi berarti harddisk sudah sembuh… :)   bila ada yang tidak bisa di-repair , berarti kerusakan/bad kemungkinan adalah  kerusakan fisik..
  • HDD Regenerator , dapat dijalankan di Hiren boot CD pilih>> Harddisk tools >>HDD Regenerator>> pilih Scan & Repair untuk memperbaiki harddisk.
Kedua Software tersebut tidak menghapus data dan System , tapi hanya memperbaiki bad sektor-nya…
Sebagai tambahan: Cara ini sangat efektif untuk mengatasi System Operasi yang macet dikarenakan bad sector , misalnya:bisa berakibat tidak bisanya diakses files yang dibutuhkan System Operasi untuk Berjalan dengan normal.Setelah di Scan dan dihilangkan bad sectornya System akan berjalan Normal kembali tanpa harus install ulang..
Untuk yang belum punya Hiren Boot CD , silakan  download di >http://www.hirensbootcd.net<
Silakan download dan ikuti cara membuat CD bootable-nya.
Perlu diketahui , untuk komputer yang memory RAM dibawah 256 Mb saya anjurkan download Versi dibawah 9.7 , karena semakin tinggi Versinya tuntutan kapasitas penggunaan memory RAM juga besar…
Selamat mencoba dan semoga berhasil..
“warning”

Untuk berlatih / latihan , harap mencoba  harddisk yang tidak terdapat data yang penting. Sehingga kalau terjadi kesalahan ( kerusakan ) tidak terjadi penyesalan. Baru kalau sudah terbiasa dengan menu dan fasilitas yang ada , silakan anda berbuat sesuai keinginan anda…. :)   -)


 Startup Hiren’s BootCD sudah biasa. Sekarang kita coba membuat Hiren’s startup dari USB Flash Disk. Ini dilakukan untuk keperluan troubleshooting pada CPU, Notebook, dan khususnya pada Netbook yang tidak dilengkapi CD / DVD ROM.

Untuk mengetahui spesifikasi detail, mengecek kondisi komponen, men scan / memperbaiki kondisi hard disk, backup data, running Windows Xp Live nya, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan kita memiliki Hiren’s Boot USB Flash Disk.





  • Copy file grldr and menu.lst (dari grub4dos.zip ke usb flash disk).



  • Masukkan CD Startup Hiren’s BootCD (9.7 or newer) ke dalam CD / DVD ROM dan Copy semuanya dari CD ke USB Flash Disk.
  • Selesai. Flash Disk siap digunakan sebagai Startup Hiren’s Boot USB Flash Disk.

One thought on “Hiren’s startup dari USB Flash Disk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s